Inilah Alasan yang Membuat Klaim Asuransi Perjalanan Ditolak

Ketika seseorang sedang melakukan perjalanan, maka ada beberapa kemungkinan yang tidak diinginkan bisa terjadi. Mulai dari terjadinya delay pesawat, kehilangan bagasi, kecelakaan pesawat hingga pencurian. Hal ini tentunya membuat perjanan tidak nyaman, sehingga memilih untuk membeli asuransi. Namun, beberapa pengajuan klaim asuransi ditolak oleh pihak asuransi. Apa saja yang menyebabkan hal tersebt bisa terjadi? Berikut ini alasannya.

  1. Keterlambatan Saat Melaporkan

Salah satu penyebab mengapa asuransi perjalanan anda ditolak adalah, karena anda terlambat melaporkan kepada pihak asuransi. Biasanya pihak asuransi akan memberikan batas waktu tertentu untuk menerima pelaporan kejadian yang tidak terduga. Namun, jika melebihi batas waktu tersebut, maka pihak asuransi tidak akan memprosesnya. Maka dari itu, jika anda mengalami ketidak nyamanan saat melakukan perjalanan sebaiknya segera melaporkannya.

  1. Masalah yang Dilaporkan Tidak Sesuai

Alasan klaim asuransi ditolak, bisa juga dikarenakan masalah yang anda laporkan tersebut diluar dari musibah yang diproteksi oleh pihak asuransi. Maka dari itu, sebelum melaporkannya sebaiknya cari tahu dulu kejadian yang dialami tersebut, apakah masuk dari proteksi atau tidak. Anda bisa memastikannya dengan mencermati polis asuransi perjalanan yang anda miliki. Jika memang di polis tidak tertera maka pihak asuransi pasti akan menolak klaim yang diajukan tersebut.

  1. Dokumen yang Tidak Lengkap

Ketika sedang mengajukan klaim pastinya anda diharuskan menyertakan dokumen pendukung sebagai salah satu syarat klaim asuransi tersebut. Namun, dalam beberapa kasus, pengajuan klaim oleh pemegang polis ditolak oleh pihak asuransi dikarenakan dokumen pendukung yang tidak lengkap. Untuk mengantisipasi hal ini, maka sebaiknya anda memastikan terlebih dahulu semua dokumen sebelum melakukan perjalanan. Kalau perlu, anda juga menyimpannya dalam bentuk file di HP.

  1. Data yang Tidak Sesuai

Pengajuan klaim juga bisa disebabkan karena perbedaan data antara pemegang polis dan identitas yang sedang melakukan perjalan. Pastinya hal ini akan mendapat penolakan dari pihak asuransi. Biasanya identitas yang berbeda tersebut disebabkan karena pembelian tiket perjalanan bukan atas nama anda melainkan teman anda, seperti ketika anda mendapatkan tiket gratis darinya. Maka dari itu, sebaiknya samakan identitas terlebih dahulu sebelum mengajukan klaim.

  1. Telat Saat Membayar Polis

Klaim yang ditolak bisa juga disebabkan karena anda lupa membayar polis atau terlambat membayarnya. Sehingga anda membeli tiket untuk suatu perjalanan maka alangkah baiknya untuk segera membeli polis asuransi perjalanan. Karena jika tidak, maka anda tidak akan mendapatkan ganti rugi ketika mengalami ketidak nyamanan perjalanan. Kondisi ini pastinya akan membuat perjalanan anda menjadi tidak menyenangkan dan justru anda merasa terbebani.

  1. Alasan yang Tidak Masuk Akal

Beberapa orang sengaja melakukan pengajuan klaim, untuk mendapatkan keuntungan dari asuransi perjelanan. Sayangnya hal ini dilakukan dengan memberikan alasan yang tidak logis. Tentunya pihaka asuransi tidak akan memproses klaim yang diajukan, dan bahkan menolaknya. Maka dari itu, ketika sedang mengajukan klaim tersebut, anda harus memberikan alasan yang masuk akal,  jika musibah atau ketidaknyamanan tersebut memang sedang anda alami.

Ketika sedang membeli asuransi perjalanan, pastinya memang ada beberapa kondisi yang harus dihadapi. Sayangnya pengajuan klaim juga ditolak oleh perusahaan asuransi, dikarenakan beberapa hal di atas. Pembelian asuransi justru membuat anda tidak bisa mendapatkan manfaatnya dengan baik. Dibandingkan dengan membeli asuransi perjalanan tersebut, maka pilihan terbaik adalah dengan menabung karena anda tidak perlu direpotkan dalam pengurusan pengajuan klaim.