Tips Memilih Asuransi Kredit Mobil Yang Tepat

Mobil merupakan merupakan aset yang membutuhkan perawatan dan perbaikan secara berkala. Hal ini tidak hanya berlaku untuk mobil yang dibeli secara tunai saja, bahkan mobil yang dibeli secara kredit juga harus diberikan perlindungan dengan membeli asuransi kredit mobil. Namun, beberapa orang seringkali kesulitan untuk memilih asuransi yang tepat. Berikut ini tips memilih asuransi terbaik untuk mobil anda.

Melihat Reputasi Perusahaan Asuransi

Sebelum anda memilih untuk membeli asuransi mobil di suatu perusahaan, sebaiknya anda melihat terlebih dahulu bagaimana reputasinya. Pertimbangkan dengan baik kredibilitas perusahaan tersebut, dengan melihat bagaimana pelayanannya terhadap pelanggan serta waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proses klaim dari nasabah. Apakah mekanisme pengajuan klaim terlalu sulit atau tidak.

Menanyakan Berbagai layanan yang Diberikan

Ada baiknya anda menanakan kepada pihak asuransi mengenai layanan apa saja yang diberikan. Hal ini bertujuan untuk mempermudah dalam menilai jaminan yang diberikan oleh pihak asuransi tersebut. Tanyakan mengenai ganti rugi apa saja yang akan anda terima, dan kerugian dalam bentuk apa yang bisa diproses. Anda juga harus menanyakan dengan jelas mengenai syarat syarat ketika akan mengajukan klaim asuransi kredit mobil tersebut.

Mempertimbangkan Keluhan dari Nasabah yang Lain

Tingkat profesionalitas perusahaan asuransi bisa dilihat dari seberapa besar tanggung jawabnya ketika mendapatkan keluhan dari nasabahnya. Sebelum anda memilih asuransi mobil, sebaiknya pahami bagaimana perusahaan tersebut menyelesaikan masalah yang dikeluhkan oleh pelanggannya. Semakin banyak keluhan yang terselesaikan, maka bisa dipastikan bahwa perusahan tersebut sangat responsif dan bisa diandalkan ketika terjadi masalah pada mobil anda.

Mempertimbangkan Rekomendasi Dealer Mobil

Penting bagi anda untuk meminta rekomendasi dari dealer mobil tempat anda memberi mobil. Bahkan biasanya beberapa dealer mobil menjalin kerja sama dengan perusahaan asuransi mobil. Mereka pastinya sudah tahu asuransi mobil yang terbaik dan terpercaya yang bisa dijadikan pilihan yang tepat, sehingga anda perlu memasukkan ke daftar asuransi yang akan dibeli.

Memilih Jenis Asuransi yang Sesuai

Ketika memilih asuransi, maka anda juga harus mempertimbangkan jenis yang sesuai. Asuransi mobil sendiri memiliki dua jenis yaitu TLO (Total Lost Only) yang hanya memberikan perlindungan kendaraan ketika terjadi kerusakan yang cukup parah atau terjadi kehilangan. Serta asuransi mobil all risk yang menanggung semua resiko yang terjadi pada mobil anda bahkan untuk kerusakan ringan sekalipun.

Namun, untuk premi yang dibayar pada all risk pastinya lebih mahal dibandingkan TLO. Ada baiknya anda mempertimbangkan dengan melihat peluang mobil mengalami kerusakan. Jika tempat tinggal anda berada di lingkungan yang tidak terlalu padat serta tidak rawan terjadi kecelakan maupun banjir maka sebaiknya anda memilih jenis asuransi TLO,  begitu pun sebaliknya.

Menyesuikan dengan Anggaran

Hal yang tidak boleh diabaikan adalah jumlah premi yang harus dibayar ketika membeli asuransi tersebut. Anda harus memperhatikan dengan anggaran yang dimiliki agar tidak membebani ketika sedang membayarnya. Beberapa perusahan asuransi seperti Totobet Sydney menetapkan biaya yang berbeda beda tergantung dari fasilitas yang diberikan, sehingga anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan mobil yang dimiliki.

Kesalahan dalam memilih asuransi bisa menyebabkan anda kesulitan melakukan klaim. Bahkan tidak sedikit juga yang akhirnya mengalami kerugian karena perusahaan asuransi tersebut tidak memiliki kinerja yang mumpuni untuk menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan mobil anda. Maka dari itu, anda bisa beralih pada pilihan menabung dan berinvestasi. Selain jumlah uang yang ditabung bisa lebih fleksibel, anda juga tidak direpotkan dengan pengurusan klaim asuransi.